Minggu, 26 September 2010

Pengertian Bahasa Dan Fungsi Bahasa


TUGAS MAKALAH





DISUSUN OLEH:
ST. RABIYATUL ADAWIYAH
LD. DAYANI
HASRAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA NEGERI ISLAM KENDARI
(STAIN)
2010




BAB I

PENDAHULUAN


            Di dalam kehidupan kita sehari-hari, bahasa mempunyai peran penting dalam proses berinteraksi. Dalam hal ini, proses komunikasi yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, tidak bisa teraktualisasi tanpa adanya alat komunikasi yang disebut bahasa. Oleh karena itu, bahasa merupakan aspek yang sangat penting proses kehidupan bermasyarakat.

            Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata  krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masayarakat. Dalam makala hini, akan dijelaskan mengenai pengertian bahasa dan fungsi bahasa yang diambil dari pendapat para ahli.
             
BAB II
PEMBAHASAN
A.      PENGERTIAN BAHASA
       Bahasa merupakan aspek yang begitu penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga banyak para ahli yang memberikan pengertian bahasa, diantaranya adalah sebagai berikut:
a)      Menurut Keraf dalam Smarapradipha (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahwa bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
b)      Menurut Tarigan (1989:4), memberikan dua definisi bahasa. Pertama, bahasa adalah suatu system yang sistematis, barangkali juga untuk system generatif. Kedua, bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.
c)      Menurut keraf [1986]. Mengatakan bahwa apa yang dalam pengertian kita sehari-hari di sebut bahasa,yang meliputi dua bidang yakni: Bunyi yang di hasilkan oleh alat-alat ucap dan arti atau makna yang tersirat dalam arus bunyi,dan makna merupakan isi yang terkandung di dalam arus bunyi yang menyebabkan adanya reaksi itu.untuk selanjutnya kita namakan arus-ujaran. Namun perlu diingat bahwa tidak semua ujaran atau bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia itu dapat dikatakan bahasa. Ujaran manusia dapat dikatakan sebagai bahasa apabila ujaran tersebut mengandung makna. Atau apabila dua orang manusia atau lebih menetapkan bahwa seperangkat bunyi itu memiliki arti yang serupa.

Dari beberapa pengertian bahasa yang dikemukakan oleh para ahli di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa bahasa merupakan bunyi ujaran yang dihasilkan oleh manusia yang berupa symbol-simbol yang mana symbol-simbol tersebut mengandung makna atau arti sehingga menjadi alat komunikasi manusia dalam proses berinteraksi.
Dalam Wikipedia, dijelaskan bahwa bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. 
           
B.       FUNGSI BAHASA
Secara umum fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Bahasa sebagai wahana komunikasi bagi manusia,baik komunikasi lisan maupun komunikasi tulis. Fungsi ini merupakan fungsi dasar bahasa yang belum di kaitkan dengan status dan nilai-nilai sosial, karena bahasa tidak dapat di lepaskan dari kehidupan bermasyarakat
            Ada yang beranggapan bahwa penguasaan bahasa khususnya bahasa pertama tidak memerlukan usaha sama sekali. Sehingga tidak perlu mendapat perhatian. Padahal, bahasa merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan kita, karena manusia adalah mahkluk social.
            Samsuri (1994) mengatakan “dapatkah kita kira-kirakan bagaimana kebudayaan kita dapat kita terima dari nenek moyang kita dan kita teruskan kepada anak-cucu tanpa memakai bahasa? "  Maka dari itu menyadarkan kita bahwa ternyata bahasa itu memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan ini. 
            Santos, dkk. (2004) berpendapat bahwa bahasa sebagai alat komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut.
a)      Fungsi informasi, untuk menyampaikan informasi timbal-balik antara anggota keluarga ataupun anggota-anggota masyarakat.
b)      Fungsi ekspresi diri, untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi atau tekanan-tekanan perasaan pembaca.
c)      Fungsi adaptasi dan integrasi, untuk menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat.
d)     Fungsi kontrol socsal, berfungsi untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.

Selain dari fungsi-fungsi di atas, dalam situs Wikipedia, dijelaskan bahwa bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagau alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. Sedangkan fungsi bahasa secara khsusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari, mewujudkan seni (sastra), mempelajari naskah-naskah kuno, dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.    



BAB III
KESIMPULAN

Bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain.
Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagau alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. Sedangkan fungsi bahasa secara khsusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari, mewujudkan seni (sastra), mempelajari naskah-naskah kuno, dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar